Panduan Menulis Proposal TA atau Tesis

Tugas Akhir (TA)

 Dalam membuat proposal Tugas Akhir, sangat dianjurkan memulainya dari sebuah paper. TA S1 boleh berupa implementasi sebuah metode yang diusulkan dalam sebuah paper dan tidak diwajibkan memberikan kontribusi atau penemuan baru. Meski tidak wajib, penemuan hal baru tidak ada salahnya bila berhasil dilakukan.

Penulisan Proposal

  1. Latar belakang berisi hal yang melatar belakangi TA ini ditulis. Isinya adalah masalah, lalu diselesaikan seseorang (sebut nomor referensinya), diceritakan keberhasilannya dan masalah yang muncul. Kemudian masalah tsb lalu diselesaikan orang lain lagi, dst, hingga masalah yg terakhir yg harus diselesaikan (masalah TA ini). Ditutup dg kalimat ”oleh karena itu dalam TA ini……” atau ” TA ini membahas tentang….” dan sejenisnya.
  2. Permasalahan: Topik permasalahan dapat berupa pertanyaan agar lebih mudah. Bila di TA tersebut ada 3 modul besar yang akan ditangani, maka selayaknya jumlah masalah adalah 3, dimana jawaban tiap permasalahan tersebut adalah tiap modul tersebut
  3. Tujuan: Isinya persis dengan judul TA, namun dilengkapi hingga menjadi kalimat yang utuh.
  4. Metodologi:  Seringkali mhs satu dg yg lain menulis hal yang sama, misalnya dimulai dg pengumpulan data, hingga penyusunan buku TA. Padahal metodologi ini justru sangat penting, sebab menguraikan urut-urutan kegiatan, dimulai dari mempelajari sesuatu (sebut semua hal yg dipelajari), kemudian (misalnya) pengumpulan data yang didownload atau diukur dari tempat tertentu. Ini membutuhkan penjelasan detil, apa benda tsb, dari mana, bgm karakteristiknya, dsb. Untuk Disain perangkat lunak atau Disain usulan penelitian hendaknya menguraikan garis besar yang dilaluinya. Sedangkan uji coba, hendaknya menyebutkan skenario uji coba secara global, lalu cara evaluasinya bgm, yang diukur sbg tingkat keberhasilan itu apanya. Panjang sub bab Metodologi ini harusnya minimal 2 halaman. Teori-teori tentu saja tidak perlu dimasukkan, namun kegiatan apa saja selama TA harus terdapat di sana. Tujuannya agar di masa depan, bila ada orang lain yang ingin meniti jalan yang sama, maka harus bisa dipastikan akan memperoleh hasil yang sama pula, sebagaimana resep makanan yang siapapun pemasaknya, achat cialis allemagne en Pantin, acheter internet maka rasa makanan yang dihasilkan harusnya sama lezatnya.

Tesis

Comments are closed.